Rabu, 31 Agustus 2011

Email

Cara Membuat Email Di Yahoo Indonesia

cara membuat email Yahoo dengan cara yang praktis, mudah, dan berbahasa indonesia agar mudah dipahami bagi pemula sekalipun. Sebelumnya, apa sih pengertian email itu ? Email is a method of exchanging digital messages across the Internet or other computer networks. Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Selain untuk mengirim surat via internet, Email juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Misalnya untuk mendaftar facebook atau mendaftar twitter.
Tutorial cara membuat email di yahoo indonesia :
1. Pertama masuk ke halaman login email yahoo, atau klik di sini daftar yahoo.
2. Selanjutnya kita akan menemui halaman dengan tampilan seperti pada gambar berikut.
cara membuat email yahoo
3. Klik pada tombol “Create New Account”. Maka kita akan menemui halaman dengan tampilan seperti pada gambar di bawah. Isilah form pendaftaran dengan data-data yang diminta. Dilanjutkan dengan menekan tombol “Buat Account Saya”.
cara membuat email yahoo indonesia
Keterangan :
- Nama Saya: isilah dengan nama depan dan nama belakang anda (bisa pakai nama samaran, terserah !)
- Jenis Kelamin : Pilih salah satu Laki atau perempuan
- Tanggal Lahir : Isilah dengan tanggal lahir seperti yang diminta
- Saya tinggal di : Pilih salah satu negara di mana anda tinggal
- ID Yahoo! dan Email : Isikan dengan nama email yang anda inginkan. Akhirannya bisa dipilih @yahoo.co.id, @yahoo.com, @ymail.com atau @rocketmail.com, terserah.
- Kata Sandi : Isikan dengan kata sandi (password) yang akan digunakan setiap kali akan sign login ke akun yahoo nantinya. Penggunaan huruf besar berpengaruh. Gunakan 6 hingga 32 karakter, dan jangan gunakan nama atau ID Yahoo! Anda.
- Ketik ulang Kata Sandi : Ulangi lagi kata sandi di atas
- Pertanyaan Keamanan : Ini nantinya akan digunakan jika anda misalnya lupa password emailnya. Bisa menggunakan pertanyaan keamanan ini untuk merecovery/mengembalikan password email anda. Pertanyaan bisa dipilih atau bisa membuat sendiri.
- Jawaban Anda : Isi dengan jawaban dari pertanyaan keamanan di atas.
- Ketik kode yang ditampilkan : Ketikkan kode angka dalam gambar seperti yang ditampilkan. Apabila anda sulit membacanya, bisa minta kode yang lain dengan menekan tombol “coba kode baru”.
4. Setelah menekan tombol “Buat Akun Saya”, maka anda akan menemui halaman konfirmasi dengan tampilan seperti pada gambar berikut,
cara membuat email yahoo indonesia cepat
5. Tekan tombol “lanjutkan”. Maka anda akan menemui halaman baru dengan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
cara membuat email tutorial
6. Itu artinya email telah selesai dibuat.

Panduan Cara Menggunakan Email Yahoo

Untuk mengecek email yang masuk, silahkan di tekan pada menu Email Masuk. Sedangkan kalau ingin mengirim email, pertama kali tekanlah pada menu Tulis, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. (tekan pada gambar untuk memperbesar)
panduan cara mengirimkan / menulis email
Keterangan:
Kepada : isilah dengan alamat email tujuan misalnya, andini3380@ymail.com
Cc : kosongkan saja
Judul : isilah dengan judul email, misalnya “Minta tolong dibuatkan facebook baru”, dll
Lampirkan file : Ini digunakan jika anda menyertakan file ke dalam email misalnya mp3, microsoft word, pdf, zip, rar, dll.
Selanjutnya mulailah menulis pesan anda di kotak editor yang tersdia. setelah selesai, tekan tombol kirim yang ada di bagian kiri bawah. Selesai.
Penting : jangan lupa untuk selalu sign out (log out) sehabis menggunakan email kalian.

Mengenal tiga jenis layanan email 

POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

Kelebihan :
Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express.

Kekurangan
Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.

Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

Kelebihan
Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja.

Kekurangan
Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).

Email Forwarding
Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.

Kelebihan
Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

Kekurangan
Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

Cara Mengecek Email Gmail Secara Mudah dengan Gmail Notifier

Bagi Anda yang malas membuka aplikasi email Gmail di browser atau sedang menantikan datangnya suatu e-mail yang penting Anda bisa menggunakan aplikasi Gmail Notifier yang akan memberitahu Anda bila ada email baru yang masuk. Menurut pihak Google, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengecek e-mail baru secara otomatis setiap dua menit, memantau isi singkat hingga 30 e-mail, memilih suara notifikasi ketika menerima e-mail baru, dan memanfaatkan Gmail sebagai aplikasi e-mail default Anda.

Setelah mengunduh aplikasi ini, akan hadir ikon amplop di system tray Anda yang kemudian bisa dipakai untuk menunjukkan informasi mengenai e-mail baru apa saja yang belum Anda cek. Caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut.
1. Unduh Gmail Notifier yang berukuran 292KB di http://toolbar.google.com/gmail-help…r_windows.html dengan mengklik tombol <Download Gmail Notifier for Windows>. Selain pengguna Windows (2000 atau XP), aplikasi ini juga bisa digunakan oleh pengguna Mac OS 10.4+.
2. Instal Gmail Notifier sampai nongol jendela yang meminta Anda memasukkan user name dan password. Isikan keduanya seperti layaknya Anda sedang log in ke Gmail. Centangi boks <Remember my password> jika Anda tidak ingin memasukkan informasi tersebut berulang kali.
3. Selamat! Kini Anda sudah siap memanfaatkan Gmail Notifier. Silakan cari ikon amplop di system tray Anda (bagian bawah kanan layar). Arahkan kursor ke sana, dan Anda akan mendapati informasi mengenai kondisi inbox Gmail Anda. Misalnya, jika tak ada e-mail baru yang masuk, akan muncul keterangan “No unread mail”. Sedangkan jika ada, akan diberitahu berapa jumlah surat elektronik yang ada di sana (contoh pada gambar: “21 unread conversations”).
4. Silakan klik kanan di ikon amplop tersebut. Untuk membuka aplikasi Gmail secara otomatis di browser, pilih menu <View Inbox>. Sedangkan jika ingin mengecek e-mail baru tanpa membuka browser, klik <Tell me Again>.
5. Setelah mengklik <Tell me Again>, akan muncul informasi singkat perihal setiap e-mail baru sesuai urutannya di inbox seperti nama pengirim, judul e-mail, dan isi e-mail sepanjang dua baris teks. Jika ada 21 e-mail baru di inbox Gmail Anda, berarti akan muncul pula 21 info singkat dari masing-masing e-mail secara bergantian di sisi paling kanan bawah layar. Tapi meski Anda tidak mengklik opsi ini, info singkat tersebut tetap akan muncul secara real time setiap kali ada e-mail baru masuk ke inbox atau memberitahu e-mail apa saja yang belum Anda buka ketika Anda menyalakan komputer.


Cara Membalas Email di Yahoo

Sepertinya ringan bahasan kita kali ini dari  pertanyaan yang diajukan, tapi mungkin bagi beberapa orang akan sangat berguna. Semoga bermanfaat saja uraian saya tentang cara membalas email di yahoo.
Setelah dibahas di artikel sebelumnya tentang cara mengirim email di Yahoo, kini ada pertanyaan bagaimana membalas email yang masuk? Berikut langkah langkahnya :

1. Buka akun email Anda di mail.yahoo.com atau yahoomail.com atauymail.com dengan memasukkan username dan password.
2. Buka Kotak Inbox yang ada pada akun yahoomail Anda hingga ada daftar kotak masuk yang masuk ke akun email.
3. Buka salah satu email yang Anda ingin baca dan balas pesannya, hingga terbuka isi pesanya.
4. Setelah dibuka salah satu email masuk, Langkah penting klik REPLY (Balas) yang berada pada bagian bawah atau atas e-mail. Maka akan muncul halaman pesan asli si-pengirim dan ada bagian atas untuk menulis, tulislah pesan balasan disana sesuai kebutuhan.
langkah 1 membalas email
5. Setelah pesan selesai ditulis klik tombol SEND (kirim). Selesai.
Pada kesempatan lain akan dibahasa cara mengirim e-mail ke beberapa alamat email atau mengirim ke banyak email dengan satu kali langkah pengiriman.

Cara Mengirim Email Melalui Yahoo

Seperti biasa tulisan ini ditujukan buat yang bertanya tentang bagaimana cara mengririm email melalui yahoomail.com ?  Setelah minggu kemarin telah membuat artikel tentang cara membuat email di Yahoo kini berlanjut kepada langkah selanjutnya yaitu Cara Mengirim Email Via Yahoo.com. 
Semoga bermanfaat untuk Anda yang masih mengalami kesulitan tentang cara mengirim pesan melalui email dari penyedia email gratisan di Yahoo.
Langkah langkah untuk mengirim email :
1. Login ke YahooMail.com atau klik Yahoo.com lalu klik menu mail. Masukkan username dan Password login nya. Seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini :

2. Setelah masuk ke bagian dalam akun email Anda lalu klik menu Create yang ada pada pojok kiri halaman email. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

3. Setelah menklik menu Create atau New atau Buat akan tampil tampilan email seperti ini :

Kolom isian ;
1. To :
Diisi dengan alamat email yang di tuju. contohnya aayohan@gmail.com pastikan alamat email tersebut tanpa spasi, kesalahan satu karakter huruf seperti halnya mengirim SMS tidak akan terkirim.
2. CC : (diisi kalau diperlukan)
CC (copy carbon) alias salinan email kolom ini bisa diisi atau tidak. Fungsi kolom ini untuk mengirim email ke beberapa email sekaligus .  isi dengan alamat email tambahan jika ada alamat email lebih dari satu alamat email, contoh : emailteman1@gmail.com,emailteman2@yahoo.com (pisahkan dengan tanda koma) Anda juga bisa menambahkan BCC (Bling Copy Carbon)
pada menu yang ada disebelahnya.

Bcc bisa digunakan jika ingin orang yang dikirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). Contoh kasusnya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.

3. Subject :
Kolom isian ini untuk judul atau topik email. Pastikan diisi untuk memperjelas kiriman email oleh penerima Email.
4. Content :
Pada kolom kosong dibawah isilah dengan isi email. Gunakan bahasa yang baik dan benar untuk memudahkan penerima email Anda.
4. Langkah terakhir yaitu klik tombol Send yang berada di atas kolom send. Selesai.  Proses selanjutnya proses pengiriman email yg berlangsung dalam hitungn detik.

Istilah-istilah di Email

Biasanya alamat email selalu begini, misalnya andry.li2009@gmail.com, ini artinya adalah, “andry.li2009″ adalah user ID email kita, dan “@gmail.com adalah tempat email kita mangkal ( domain server email ), bisa dikatakan itu berfungsi sebagai kotak surat email kita.
Langsung saja, berikut istilah2 dalam aktifitas per-email-an pada umunya :
  1. To : adalah tujuan dimana kita akan mengirimkan email kita.
  2. CC : adalah alamat tembusan, kepada siapa email itu dikirimkan sebagai tembusan dan setiap penerima pada CC, mengetahui kepada siapa saja email ini dikirimkan
  3. BCC : adalah kebalikan dari CC, namun tiap penerima email pada BCC satu sama lain tidak mengetahui kepada siapa saja email ini dikirimkan.
  4. Reply / Replay all : istilah untuk membalas email, all berarti membalas kepada semuanya termasuk alamat yang berada pada CC
  5. Fordward : meneruskan email tersebut kepada alamat email lain tanpa menyertakan email pengirim terdahulu
  6. Attachment : adalah lampiran dalam email, berupa file doc, rar, jpg, dll
  7. Inbox, Outbox, dll : adalah sebuah folder dalam email client
  8. Receive, Ceck Mail : adalah fungsi untuk menarik email dari server
Dan di bawah ini adalah istilah2 yang biasanya dalam setingan sebuah program email client :
  1. Account : adalah akun, yach bisa dibilang identitas
  2. Incoming : adalah jalur akses terima sebuah email ( POP3, IMAP )
  3. Outgoing : adalah jalur akses untuk keluarnya sebuah email ( SMTP )
  4. SSL : secure jalur keamanan port, baik smtp maupun pop

Isinya bisa dimengerti. Tetapi karena email ini dikirim langsung ke alamat email saya dan orang tersebut anonim, saya merasa seperti saat sedang jalan dan tiba-tiba diteriaki oleh orang yang tidak dikenal. Lagipula maksudnya apa? minta saran? atau hanya curhat? Efeknya sudah jelas. Hanya butuh satu detik bagi saya untuk men-delete email ini.

Ini sebenarnya sudah pernah saya bahas, tetapi tampaknya perlu dibahas di topik terpisah dan dijadikan sticky topic.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis email:

1.  Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal.

2.  Gunakan salam, ada beberapa cara:
a. Assalamualaikum,  (kalau kita tahu yang menerimanya adalah muslim)
    bla bla
b. Yth Pak Fulan,   (ini yang paling formal)
    bla bla
c. dh,                   (dh=dengan hormat)
    bla bla
d. Pak Fulan,        
    bla bla bla

3. Jangan pelit menggunakan kata-kata: "tolong", "terimakasih".
4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah) dan KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak).
6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek.

Menurut saya ini penting karena media email akan semakin berperan dalam lingkungan pekerjaan nanti.

Pada hari yang sama saya mendapat email:
Quote
Assalamualaikum wr.wb.
Pak, saya mau bertanya. Apakah untuk bisa masuk ke jurusan ilkom hanya
bisa dengan SPMB? Apakah bisa dilakukan dengan cara mutasi? Jika bisa,
syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mutasi? Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb.
Ini contoh yang baik, lebih enak dibaca bukan?

Apa itu MILIS /Mailing List…??

Sebagian orang mungkin berpikir Ah.., masa milis aja nggak tau apa artinya.., tapi perlu kita akui bahwa memang masih banyak orang yang belum mengerti apa arti dari milis / mailing list. Bahkan di lingkungan kampus Teknik pun masih banyak yang nggak ngerti apa itu milis atau mailing list. Jadi aku bakal sedikit ngasih pencerahan (sedikit karena aku sendiri bukanlah orang yang sangat tau..).
Jadi kalo menurut aku , pengertian milis itu gini: Orang – orang yang memiliki email, membentuk suatu kelompok dan email-kelompok, nah di kelompok ini mereka bisa saling bertukar informasi, jadi jika salah seorang yang mengirim email ke email-kelompok, (bukan ke salah satu anggota kelompok), maka semua orang di kelompok ini akan mendapatkannya. Jadi misalnya si A mau memberi tau suatu rencana kegiatan kelompoknya, dia gak perlu mengirim email satu – satu ke tiap anggota kelompok. Si A ini hanya perlu mengirim berita itu sekali saja ke alamat email-kelompok ini, dan semua anggota akan menerimanya di email mereka masing – masing. Nah email kelompok inilah yang dinamakan MILIS/Mailing List.
Ada beberapa hal tambahan juga yang perlu diperhatikan. Dalam suatu milis tidak harus kita menerima email tiap kali ada yang mengirim ke milis ini. Biasanya hal ini tergantung pada layanan yang di berikan oleh penyedia milis ini. Misalnya yahoo.com atau yahoogroups.com, kemudian groups.or.id. Nah disitu kita bisa mensetting agar kita tidak usah menerima email tiap kali ada yang memposting (mengirim email), kita bisa atur di bagian account setting, sehinnga kita tidak perlu menerima email, tapi kita tetap dapat membacanya di internet. Misal milis teknik-nuklir, setiap anggota tetap bisa membaca pesan – pesan yang diposting lewat http://groups.yahoo.com/group/teknik-nuklir. Dan bisa juga kita mensetting agar kita tidak usah menerima email setiap kali ada yang posting, tapi cukup menerima seluruh email yang diposting selama satu hari dalam satu email saja. Hal ini juga lagi- lagi tergantung pada penyedia layanan milis tersebut.


Pengertian Mailing List


Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).

Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.



Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.

Cara Membuat Milis
1. Buka www.yahoogroups.com atau www.groups.yahoo.com Lalu klik Start Your Group untuk membuat grup.
2. Apabila belum login ke account yahoo, maka akan di redirect ke halaman berikut ini. Isikan nama user dan password
3. Lalu akan tampil halaman seperti di bawah ini
Pada langkah pertama ini kita menentukan kategori dari group yang akan kita buat. Misalnya saja kita mengklik Cultures and Community, maka akan muncul sub kategori seperti tampilan di bawah ini.
Apabila sudah menemukan tempat yang tepat untuk meletakkan group(sampai muncul button ’Place my group here’), klik button tersebut
Setelah itu kita memasuki langkah ke-2 yaitu ’describe’
Pada halaman ini, pertama kita mengisikan Nama grup yang akan tampil untuk hasil pencarian. Lalu kita mengisikan nama yahoogroup yang akan digunakan dan terakhir kita mengisi deskripsi tentang group yang kita buat.
Klik continue, lalu kita memasuki langkah ke 3 yaitu ’Select Profile’
Isikan verifikasi kata sesuai dengan kata yang terdapat di kotak samping, lalu ketik tombol continue.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons